Makassar Rakor untuk Persiapan Konferensi Kota Kreatif

Pemerintah Kota Makassar menggelar rapat koordinasi dengan Badan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata serta Dinas Kebudayaan untuk persiapan konferensi internasional bertajuk "International Creative Cities Conference (ICCC) III" di Makassar pada 2017.

"Kami sengaja datang ke Makassar untuk melihat langsung dan mendengar kesiapan pihak pemerintah kota dalam menggelar kegiatan bertaraf internasional ini," ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Paulus Mintarga di Makassar, Senin (9/1/2017).

Dia mengatakan, rapat koordinasi yang diikutinya bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto lebih banyak melihat langsung hasil dokumentasi kegiatan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh Makassar selama dua tahun terakhir ini.

Paulus yang juga Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) itu mengaku jika Makassar sudah lebih siap dan telah lebih jauh lompatan kualitas ekonomi kreatifnya.

"Tadi kita banyak diskusi sama pak wali, melihat langsung dokumentasi video kegiatan ASEAN Mayors Forum, kemudian festival delapan yang semuanya adalah kegiatan bertaraf internasional dan tentunya adalah ekonomi kreatif," katanya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, pemilihan Makassar sebagai tuan rumah sendiri tentunya juga karena perkembangan ekonomi kreatif di Kota Makassar.

Apalagi pada saat berbicara di Malang pada ajang yang sama, justru begitu mendapat respon positif sehingga kemudian Makassar ditunjuk sebagai kota tuan rumah.

"Potensi masyarakat Makassar terhadap ekonoi kreatif memang luar biasa. Kita bisa lihat mulai dari industri film, iklan, fashion, kuliner, budaya, termasuk seni dan sebagainya," jelasnya.

Danny Pomanto sapaan akrab wali kota ini juga mengaku jika penunjukan Makasar sebagai tuan rumah, salah satunya karena Makassar berada di pusat Indonesia.

Apalagi Makassar sebagai "living room" Kawasan Timur Indonesia dan dipandang sebagai salah satu kota yang sangat pesat perkembangannya dalam konsep kreatifitas.

"Makassar adalah 'living room' kawasan timur Indonesia. Pengalaman menggelar kegiatan nasional dan internasional sudah sering kita gelar dan semuanya mengundang kekaguman," terangnya.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto saat menghadiri ICCC II yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif RI BE KRAF dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, beberapa watu lalu itu juga dipercaya menjadi pembicara bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Malang, Wali Kota Batu, Wali Kota Kendari, dan beberapa tokoh kreatif muda di Indonesia.