Danny – Ical Kompak Bicara Kota Kreatif di Malang

Konferensi Kota Kreatif Indonesia Ke 2 yang dilaksanakan oleh Badan Ekonomi Kreatif RI dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) berlangsung di Kota Malang, Kamis 31 Maret 2016.

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar M Ramdhan “Danny” Pomanto dan Syamsu Rizal turut hadir sebagai pembicara, membahas tentang perkembagan kota kreatif.

Konferensi ini bertujuan mendorong sinergi yang membuka ruang kolaborasi antar kota dan kabupaten, dalam upaya pengembangan potensi kreativitas daerah masing-masing dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dan juga dalam rangka berbagi inspirasi dan pengalaman untuk menjadi kota kreatif dunia versi UNESCO, seperti Bandung sebagai Kota kreatif dunia bidang Desain dan Pekalongan sebagai Kota kreatif dunia bidang seni rakyat batik.

Konferensi yang dihadiri oleh penggiat industri kreatif, komunitas kreatif serta pemerintah daerah yang sedang mengembangkan ekonomi kreatif. Berbagai macam agenda kegiatan yang dihelat bersamaan dengan hari Jadi Kota Malang, diantaranya konferensi kota kreatif, expo industri kreatif, festival kuliner, fotografi, film, animasi, fashion, seni dan pariwisata. Yang melibatkan seluruh komponen komunitas kreatif yang ada di Kota Malang.

Beberapa pembicara yang sukses di bidang ekonomi kreatif seperti Steve Christian (kapanlagi.com), Teuku (Malang Strudel), Roy (Java Porcelain), Ira Puspa (PT. Sarinah), Harianto S. (Litbang Kompas), Rektor Univ. Brawijaya, Ketua ICCN.
Dari pemerintah pusat dan daerah yakni Triawan Munaf Kepala Bekraf RI, Ridwan Kamil Walikota Bandung, Walikota Surabaya, Walikota Malang, Walikota Kendari dan juga pasangan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Danny Pomanto dan Syamsu Rizal .

Dalam kesempatan itu, para pembicara berbagi kiat dan pengalaman kesuksesan dalam mengelola industri kreatif, Juga para kepala daerah mengemukakan kebijakannya dalam mendorong kreativitas dan keunggulan lokal masing-masing.

Salah satu agenda yang akan dibahas adalah penentuan tuan rumah ICCN 2017, dan Kota Makassar berencana mengajukan diri sebagai pelaksana konferensi Kota Kreatif ke-3 tahun depan

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran Kota Makassar pada konferensi kali, oleh karena itu kamis angat berterimah kasih Pemerintah Makassar bersama komunitasnya yang begitu antusias dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan ini, semoga tahun depan Kota Makassar bisa menjadi tuan rumah ICCN 2017”,Ungkap Liliek Setiawan Sekjend ICCN.

Selain itu hadir pula perwakilan Komunitas Makassar diantaranya, Sekertaris KNPI Kota Makassar, Irwan Ade Saputra , Sebelaspro, Rahmat Jaya, Fajar Assad, Dilo Makassar.